Kamis, 06 November 2014

Menjadi Muslimah yang dewasa? Kenapa tidak!



Dewasa tidak tergantung pada banyaknya atau semakin bertambahnya usia seseorang. Dewasa adalah tentang apa yang ada pada pola pikir, sikap, dan kepribadian. Belum tentu orang yang berusia 20 tahun keatas itu sudah tergolong orang orang yang dewasa, atau bahkan yang remaja pun belum tentu bersikap kekanak-kanakan. Tingkat kedewasaan seseorang kadangkala berdasarkan tinggi tidaknya kepribadian dalam mengatasi masalah,dan teka teki kehidupan.
            Menurut Murray,”kepribadian adalah fungsi menata dan mengarahkan dalam individu yang bertujuan : mengintegrasikan konflik-konflik dan rintangan yang dihadapi,memuaskan kebutuhan individu dan menyusun tujuan untuk mencapai dimasa datang”. Kepribadian seseorang seringkali dimiliki akibat factor pengalaman hidup individu itu sendiri.
            Dewasa dalam hal ini adalah dewasa dalam bentuk kepribadian. Yang mendorong individu untuk sebisa mungkin berani menghadapi masalah masalah yang dihadapinya. Orang yang telah dewasa bersikap tenang ketika masalah itu menimpanya, namun tetap berfikir secara dingin jalan keluar dari masalahnya.
            Menurut Calr Rogers : “kedidupan yang baik adalah sebuah proses. Bukan suatu keadaan yang ada pada sendirinya.  Kehidupan sendiri itu adalah arah,bukan sebuah tujuan.” Disini sudah jelas bahwa semakin banyak seseorang mengalami proses lika liku kehidupan, maka dapat di pastikan semakin dewasa pula lah ia.
            Lalu, bagaimana kita sebagai muslimah yang berpegang teguh pada Al-Quran dan Hadist dapat berlaku dewasa dalam kepribadian?
           
Menjadi muslimah yang baik memang tidak mudah, namun sebagai hamba Alllah SWT kita wajib untuk melaksanakanya. Kedewasaan seorang muslimah juga dapat menunjukkan tingkat akhlak terpuji atau (akhlak mahmudah) yang ia miliki. Semakin tinggi akhlak baik yang ia miliki, maka insyallah semakin tinggi pula kedewasaan nya.
            Sungguh seorang wanita kedudukanya sangat dimuliakan oleh Al-Quran. Tidak sedikit ayat ayat tentang kemuliaan seorang wanita, dan larangan yang bila kita tidak menghayatinya dengan baik,sebuah larangan itu sangat memberatkan wanita. Padahal, itu semua adalah hal yang dapat menistimewakan seorang wanita. Subhanallah..
            Lalu bagaimanakah cara wanita muslimah agar mencapai kemuliaan dan kedewasaan akhlak? Kita dapat melakukan hal hal sebagai berikut :
1)    Seorang muslimah wajiblah untuk menutupi auratnya apalagi dari pandangan kaum adam (laki-laki). Seperti firman Allah SWT QS: al a’raaf(26) yang berbunyi :
Wahai anak adam, sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan.
            Tentulah dengan kesadaran wanita wanita muslim kiranya dapat menutupi aurat tubuhnya dan menjaga kehormatan dirinya.
2)   Dewasa ini, para wanita tidak bisa menjaga dari pandanganya. Maka, marilah kita sebagai wanita muslimah untuk menjaga pandangan dan penglihatan dari maksiat. Seperti dalam firman Allah SWT dalam QS An-nuur:31 yang berbunyi:
Katakanlah kepada wanita yang beriman agar menahan pandanganya,dan memelihara kemaluanya,dan janganlah menampakkan perhiasan,kecuali yang sering Nampak pada dirinya.
3)   Tak lupa wanita muslimah yang dewasa hendaknya berpenampilan yang sederhana saja,karna Allah SWT sangat menyukai kesederhanaan.
Rasulullah SAW pun sangat memuliakan wanita,sebagaimana dalam hadist nya “ dunia ini adalah perhiasan/kesenangan,dan sebaik baik perhisan adalah wanita yang sholehah”
4)   Sikap lebih penting daripada penampilan,karunia atau keahlian..hal yang paling menakjubkan kita adalah memiliki pilihan untuk menghasilkan sikap yang kita miliki pada hari itu.
5)   Seorang wanita muslimah harus tahu, bahwa setiap jalan yang dilalui berbeda dengan jalan orang lain,maka kita patut untuk yakin dengan setiap langkah baik di jalan kita.
6)   Seorang wanita muslimah yang dewasa akan selalu berfikir maju dan menghadapi setiap kegagalan yang pernah dialami. Mengembalikan segala keputusan hanya kepada Sang Rabb.

Menjadi wanita muslimah yang dewasa adalah hal yang sangat menguntungkan bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya. Seperti Siti Aisyah, yang sholehah,segala sikap,pikiran,dan tindakanya sangat mencerminkan kedewasaan yang telah matang.
Jadi, kedewasaan seseorang memang bukan soal usia. Tapi kedewasaan adalah soal kepribadian terlebih lagi kepribadian indah seorang wanita muslimah J

0 comments:

Posting Komentar

 

my little dream! \(´▽`)/ Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang